Senin, 28 Desember 2015

revisi kurikulum semester 3



PERTANYAAN DAN JAWABAN HASIL OBSERVASI
Assalamualaikum pak, saya halimatussa’diah dari UNTIRTA mau observasi tentang kurikulum disini. Saya memiliki dua jenis pertanyaan pak, yang khusus sama yang umum.
pertama yang umum dulu ya pak….
1)      Sebutkan definisi kurikulum menurut versi bapak?
Bicara kurikulum itu pasti bicara empat hal. Pertama, standar kompetensi kelulusan. Kedua, standar isi. Ketiga, standar proses. Keempat, pasti kita bicara standar penilaian.
Jadi kurikulum itu program pendidikan yang di berikan oleh suatu lembaga yang berisi tentang rancangan mata pelajaran untuk peserta didik.
2)      Apa yang bapak ketahui tentang kurikulum 2013?
kurikulum yang mengutamakan pada pemahaman, skill, dan pendidikan berkarakter, dimana siswa dituntut untuk paham atas materi, aktif dalam proses berdiskusi dan presentasi serta memiliki sopan santun dan sikap disiplin yang tinggi.
3)      Apakah bapak tahu apasaja komponen-komponen kurikulum?
·         Tujuan
·         Bahan pelajaran
·         Proses belajar mengajar
·         Penilaian
4)      Apakah bapak tahu bedanya kurikulum yang dulu dengan yang sekarang?
Kurikulum yang lama pun sama ada standar kompetensi, ada isinya, proses, dan penilaian. Hanya saja Pendekatannya dirubah oleh lembaga pendidikan. Kalau dulu mata pelajaran dulu yang ditetapkan, baru kompetensinya, sekarang dirubah menjadi, kompetensinya dulu ditetapkan, baru menyusul mata pelajarannya.
5)      Menurut bapak lebih enak mana, KTSP Dengan kurikulum 2013?
Menurut saya pribadi, lebih enak KTSP karena sudah dijalani.
6)      Menurut bapak apasaja kekurangan dan kelebihan kurikulum 2013?
Kelebihannya : siswa lebih diberi kebebasan, siswa dididik agar lebih kreatif dan rajin
kekurangannya : siswa terlalu banyak dituntut oleh tugas-tugas dan ulangan-ulangan yg sulit
7)      Di dalam kurikulum 2013 kan ada pendekatan scientific, seperti apa pendekatan tersebut?
Adanya pendekatan ini di maksudkan untuk memberi pemahaman kepada peserta didik, karena didalam scientiffik terdapat beberapa tahap yaitu : mengamati, merumuskan masalah, menanya, menarik kesimpulan, dan mengkomunikasikan.
Setelah tadi yang umum, sekarang ke yang khusus pak..
8)      Apakah bapak setuju dengan pergantian kurikulum?
Bapak sejutu saja, yang penting kebutuhan peserta didik terpenuhi. Toh kurikulum di ganti juga untuk perbaikan Indonesia juga, agar menghasilkan output yang kreatif, dan berkarakter.
9)      Apakah di sekolah bapak mengikuti kurikulum sekarang?
Iya, di sini sudah mengikuti k-13, hanya kelas 3 dan kelas 6 yang belum
10)  Bagaimana proses belajarnya dengan kurikulum sekarang?
Semenjak di ganti k-13, sudah ada beberapa guru yang menggunakan pembelajaran scientific. Yang belum bukan berarti tidak menggunakan tetapi, ada banyak kendala untuk menggunakan pendekatan tersebut. Kendalanya yaitu murid di kelasnya hampir 50 orang. Itu membuat susah guru untuk memakai pembelajaran k-13
Nah, lanjut yah pak. Bapak kan keluaran KTSP apakah ada kesulitan dalam mengajar dengan menggunakan kurikulum 2013?
Sulit sih tidak, hanya saja disini untuk wilayah bapak mendapatkan buku tematik itu lama, jadi kalau mau melakukan KBM kita harus mendownload dulu tema-tema nya.
11)   Bagaimana Bapak dan guru-guru yang lain mengejarkan pembelajaran tematik?
Sekarang harus menyesuaikan apa yang ada di tema tersebut, terkadang kalau ada pembelajaran tentang alam, anak-anak saya bawa keluar kelas untuk melihat apa yang ada di sekeliling nya, dan setelah menemukan mereka saya suruh untuk mengkomunikasi ke teman-teman yang lain.

12)  Bagaimana penilaian untuk siswa dengan kurikulum sekarang?
Menurut Juknis Pengelolaan Penilaian pada kurikulum 2013, di dalam penilaian setiap mata pelajaran terdapat tiga kompetensi, yaitu : kompetensi pengetahuan, kompetensi keterampilan, dan kompetensi sikap. Kompetensi pengetahuan dan kompetensi keterampilan menggunakan skala 1–4, yang dapat dikonversi ke dalam Predikat A - D sedangkan kompetensi sikap menggunakan skala Sangat Baik (SB), Baik (B), Cukup (C), dan Kurang (K) 
13)  Apa yang bapak lakukan untuk menumbuhkan kreatifitas anak didik ?
Anak-anak kita ajari mengamati. Manfaatkan indrawi untuk melihat fenomena. Tidak hanya mengamati, tetapi kita dorong untuk bertanya. Tidak hanya bertanya, tetapi harus sampai ke menalar. Dan nanti sampai ke mencoba, sampai ke eksperimen.
Untuk menumbuhkan kreatifitas anak biasanya ada wadah untuk mengembangkan minat dan bakat, disini ekstrakulikuler apa saja yang ada??
Ada tiga ( 3 ) ekstrakulikuer yaitu : Pramuka. Olahraga ( sepak bola, bola voli ), dan kegiatan keagamaan.
Seperti apa kegiata-kegiatan tersebut :
Ketiga ekskul tadi masing-masing sudah ada Pembina nya. Kalau pramuka lebih memfokuskan kepada sejarah pramuka dan latihan baris-berbaris, olahraga dilatih teknik-tekniknya, kegiatan kegamaan didalamnya seperti pengajian hanya saja ini untuk anak-anak.
            Apasaja prestasi yang pernah sekolah bapak dapatkan?
Alhamdullah banyak, tetapi kebanyakan menang dalam mengikuti lomba pramuka.







PROFIL SD NEGERI GEMBOR 2
1.    Nama Sekolah               : SD Negeri Gembor 2
2.    NSS                               : 101280418004
3.    NPSN                            : 20605850
4.    Alamat Sekolah             :
a.       Jalan                         : Lanud Gorda – Binuang KM 02
b.      Desa                         : Gembor
c.       Kecamatan               : Binuang
d.      Kabupaten               : Serang
e.       Propinsi                    : Banten
f.       Kode Pos                 : 42196
g.      No Telepon/Hp        : 08176703060
  1. Status Akreditas         : B Tahun 2010
  2. Tahun Beroperasi        : 1976
  3. Status Tanah               : Milik Sekolah
  4. Luas Tanah                  : 1.142 M2








IDENTITAS NARASUMBER
Nama                           : SYARIF HIDAYAT
TTL                             : Serang, 02 Februari 1991
NIPS                           : 991004006
Jabatan                                    : Guru
Instansi                        : SD Negeri Gembor 2
Riwayat Pendidikan   : 1. SDN Cakung
                                      2. MTS Al-Khairiyah
                                      3. MA Riyadhul Huda Assidiqi
                                      4. S1 STIE Pelita Bangsa














Description: D:\GAMBAR\20141105_090835.jpg

Description: D:\GAMBAR\20141105_090807.jpg
Description: C:\Users\user\Documents\CYMERA_20141213_104344.jpg

Description: C:\Users\user\Documents\CYMERA_20141213_103301.jpg

Tidak ada komentar:

Posting Komentar