PERTANYAAN
DAN JAWABAN HASIL OBSERVASI
Assalamualaikum pak,
saya halimatussa’diah dari UNTIRTA mau observasi tentang kurikulum disini. Saya
memiliki dua jenis pertanyaan pak, yang khusus sama yang umum.
pertama yang umum dulu
ya pak….
1) Sebutkan
definisi kurikulum menurut versi
bapak?
Bicara
kurikulum itu pasti bicara empat hal. Pertama, standar kompetensi kelulusan.
Kedua, standar isi. Ketiga, standar proses. Keempat, pasti kita bicara standar
penilaian.
Jadi kurikulum itu program pendidikan yang di berikan
oleh suatu lembaga yang berisi tentang rancangan mata pelajaran untuk peserta
didik.
2) Apa
yang bapak ketahui tentang kurikulum 2013?
kurikulum yang mengutamakan pada
pemahaman, skill, dan pendidikan berkarakter, dimana siswa dituntut untuk paham
atas materi, aktif dalam proses berdiskusi dan presentasi serta memiliki sopan
santun dan sikap disiplin
yang tinggi.
3) Apakah bapak tahu apasaja
komponen-komponen kurikulum?
·
Tujuan
·
Bahan pelajaran
·
Proses belajar
mengajar
·
Penilaian
4) Apakah bapak tahu bedanya
kurikulum yang dulu dengan yang sekarang?
Kurikulum
yang lama pun sama
ada standar kompetensi, ada isinya, proses, dan penilaian. Hanya saja Pendekatannya dirubah oleh lembaga pendidikan.
Kalau dulu mata pelajaran dulu yang ditetapkan,
baru kompetensinya, sekarang dirubah menjadi, kompetensinya dulu
ditetapkan, baru menyusul mata pelajarannya.
5) Menurut bapak lebih enak
mana, KTSP Dengan kurikulum 2013?
Menurut
saya pribadi, lebih enak KTSP karena sudah dijalani.
6)
Menurut bapak
apasaja kekurangan dan kelebihan kurikulum 2013?
Kelebihannya : siswa lebih
diberi kebebasan, siswa dididik agar lebih kreatif dan rajin
kekurangannya : siswa terlalu banyak dituntut oleh tugas-tugas dan ulangan-ulangan yg sulit
kekurangannya : siswa terlalu banyak dituntut oleh tugas-tugas dan ulangan-ulangan yg sulit
7)
Di dalam
kurikulum 2013 kan ada pendekatan scientific, seperti apa pendekatan tersebut?
Adanya pendekatan ini di maksudkan untuk memberi
pemahaman kepada peserta didik, karena didalam scientiffik terdapat beberapa
tahap yaitu : mengamati, merumuskan masalah, menanya, menarik kesimpulan, dan
mengkomunikasikan.
Setelah
tadi yang umum, sekarang ke yang khusus pak..
8) Apakah
bapak setuju dengan pergantian kurikulum?
Bapak
sejutu saja, yang penting kebutuhan peserta didik terpenuhi. Toh kurikulum di
ganti juga untuk perbaikan Indonesia juga, agar menghasilkan output yang
kreatif, dan berkarakter.
9) Apakah di sekolah bapak mengikuti kurikulum sekarang?
Iya, di sini sudah mengikuti k-13, hanya kelas 3 dan
kelas 6 yang belum
10) Bagaimana proses belajarnya dengan kurikulum sekarang?
Semenjak di ganti k-13, sudah ada beberapa guru yang
menggunakan pembelajaran scientific. Yang belum bukan berarti tidak menggunakan
tetapi, ada banyak kendala untuk menggunakan pendekatan tersebut. Kendalanya
yaitu murid di kelasnya hampir 50 orang. Itu membuat susah guru untuk memakai
pembelajaran k-13
Nah,
lanjut yah pak. Bapak kan keluaran KTSP apakah ada kesulitan dalam mengajar
dengan menggunakan kurikulum 2013?
Sulit
sih tidak, hanya saja disini untuk wilayah bapak mendapatkan buku tematik itu
lama, jadi kalau mau melakukan KBM kita harus mendownload dulu tema-tema nya.
11) Bagaimana
Bapak dan guru-guru yang lain mengejarkan pembelajaran tematik?
Sekarang
harus menyesuaikan apa yang ada di tema tersebut, terkadang kalau ada
pembelajaran tentang alam, anak-anak saya bawa keluar kelas untuk melihat apa
yang ada di sekeliling nya, dan setelah menemukan mereka saya suruh untuk
mengkomunikasi ke teman-teman yang lain.
12) Bagaimana penilaian untuk siswa dengan kurikulum
sekarang?
Menurut
Juknis
Pengelolaan Penilaian pada kurikulum 2013, di dalam penilaian setiap mata
pelajaran terdapat tiga kompetensi,
yaitu : kompetensi pengetahuan, kompetensi keterampilan,
dan kompetensi sikap. Kompetensi pengetahuan dan kompetensi keterampilan
menggunakan skala 1–4, yang dapat dikonversi ke dalam Predikat A - D sedangkan
kompetensi sikap menggunakan skala Sangat Baik (SB), Baik (B), Cukup (C), dan
Kurang (K)
13) Apa yang bapak lakukan untuk menumbuhkan
kreatifitas anak didik ?
Anak-anak
kita ajari mengamati. Manfaatkan indrawi untuk melihat fenomena. Tidak hanya
mengamati, tetapi kita dorong untuk bertanya. Tidak hanya bertanya, tetapi
harus sampai ke menalar. Dan nanti sampai ke mencoba, sampai ke eksperimen.
Untuk
menumbuhkan kreatifitas anak biasanya ada wadah untuk mengembangkan minat dan
bakat, disini ekstrakulikuler apa saja yang ada??
Ada
tiga ( 3 ) ekstrakulikuer yaitu : Pramuka. Olahraga ( sepak bola, bola voli ),
dan kegiatan keagamaan.
Seperti
apa kegiata-kegiatan tersebut :
Ketiga
ekskul tadi masing-masing sudah ada Pembina nya. Kalau pramuka lebih
memfokuskan kepada sejarah pramuka dan latihan baris-berbaris, olahraga dilatih
teknik-tekniknya, kegiatan kegamaan didalamnya seperti pengajian hanya saja ini
untuk anak-anak.
Apasaja prestasi yang pernah sekolah
bapak dapatkan?
Alhamdullah
banyak, tetapi kebanyakan menang dalam mengikuti lomba pramuka.
PROFIL SD NEGERI GEMBOR 2
1.
Nama
Sekolah : SD Negeri Gembor 2
2.
NSS : 101280418004
3.
NPSN : 20605850
4.
Alamat
Sekolah :
a.
Jalan : Lanud Gorda – Binuang
KM 02
b.
Desa : Gembor
c.
Kecamatan : Binuang
d.
Kabupaten : Serang
e.
Propinsi : Banten
f.
Kode
Pos : 42196
g.
No
Telepon/Hp : 08176703060
- Status Akreditas : B Tahun 2010
- Tahun Beroperasi : 1976
- Status Tanah : Milik Sekolah
- Luas Tanah : 1.142 M2
IDENTITAS
NARASUMBER
Nama : SYARIF HIDAYAT
TTL : Serang, 02
Februari 1991
NIPS : 991004006
Jabatan : Guru
Instansi : SD Negeri Gembor 2
Riwayat Pendidikan : 1. SDN Cakung
2. MTS Al-Khairiyah
3. MA Riyadhul Huda Assidiqi
4. S1 STIE Pelita Bangsa
![Description: D:\GAMBAR\20141105_090835.jpg](file:///C:\Users\Halimah\AppData\Local\Temp\OICE_A860D8C2-C32D-4DCC-A4D1-58923EC9382C.0\msohtmlclip1\01\clip_image002.jpg)
![Description: D:\GAMBAR\20141105_090807.jpg](file:///C:\Users\Halimah\AppData\Local\Temp\OICE_A860D8C2-C32D-4DCC-A4D1-58923EC9382C.0\msohtmlclip1\01\clip_image004.jpg)
![Description: C:\Users\user\Documents\CYMERA_20141213_104344.jpg](file:///C:\Users\Halimah\AppData\Local\Temp\OICE_A860D8C2-C32D-4DCC-A4D1-58923EC9382C.0\msohtmlclip1\01\clip_image006.jpg)
![Description: C:\Users\user\Documents\CYMERA_20141213_103301.jpg](file:///C:\Users\Halimah\AppData\Local\Temp\OICE_A860D8C2-C32D-4DCC-A4D1-58923EC9382C.0\msohtmlclip1\01\clip_image008.jpg)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar